Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlakul Karimah di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Ahmad Hanany Naseh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nurul Khofifah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.32533/05203.2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran dan upaya guru akidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa di masa pandemi serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan akhlak siswa kelas VIII MTs N 7 Bantul. Penelitian ini dilakukan dengan metode field research dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala Sekolah, Guru Akidah Akhlak, siswa kelas VIII. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menjelaskan bahwa peran dan upaya guru akidah akhlak dalam membentuk akhlakul karimah siswa kelas VIII MTs N 7 Bantul di masa pandemi covid-19 melalui nasihat, bimbingan dan arahan, motivasi dan peringatan. Faktor pendukungnya yaitu media pembelajaran, kuota belajar dari sekolah dan keaktifan siswa dalam belajar daring di masa pandemi. Faktor penghambat yaitu sinyal tidak stabil, handphone dan ruang penyimpanan, pendampingan orang tua kepada anak dalam belajar. Peran dan upaya guru akidah akhlak dalam membentuk akhlak siswa tidak akan berhasil apabila tidak ada kerjasama yang baik antara sekolah, orang tua dan siswa tersebut karena pendidikan tidak hanya dilaksanakan di sekolah saja sehingga semuanya saling berkiatan untuk mewujudkan pendidikan akhlak yang baik terhadap siswa.

References

Bandiah, S. (2020). Peran Guru Aqidah Akhlaq Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Moralitas Siswa SMP Aisyiyah Curup. SALIHA: Jurnal Pendidikan & Agama Islam, 3(2), 89–100.

Hs, S. (2019). Penerapan Supervisi Akademik untuk Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 230–237.

Husain, A. P. (2021). Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dasar dalam Pembelajaran Daring di Era Digital. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(3), 439–456.

Ilham, M. (2021). Peran Guru PAI dalam Membentuk Karakter Melalui Program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SMPN 7 Yogyakarta. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 245–272.

Kirom, A. (2017). Peran guru dan peserta didik dalam proses pembelajaran berbasis multikultural. Jurnal Al-Murabbi, 3(1), 69–80.

Kurniadin, D., Machali, I., & Sandra, M. (2013). Manajemen Pendidikan: Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan.

Lubis, R. F. (2020). Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 9(1), 1–30.

Moleong, L. J. (2010). Metodologi penelitian kualitatif (Revised ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Salirawati, D. (2018). Smart Teaching: Solusi Menjadi Guru Profesional. Bumi Aksara.

Shabir, M. (2015). Kedudukan guru sebagai pendidik:(tugas dan tanggung jawab, hak dan kewajiban, dan kompetensi guru). AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 2(2), 221–232.

Sholichah, A. S. (2018). Teori-teori pendidikan dalam Al-Qur’an. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 23–46.

Warasto, H. N. (2018). Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Kasus Sekolah Madrasah Aliyah Annida Al-Islamy, Cengkareng). Jurnal Mandiri, 2(1), 69.

Wiguna, R., Sutisnawati, A., & Lyesmaya, D. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Siswa Berbasis Online Di Kelas Rendah Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 75–79.

Downloads

Published

2021-12-02

How to Cite

Naseh, A. H., & Khofifah, N. (2021). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Akhlakul Karimah di Masa Pandemi Covid-19. SUKMA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 181–200. https://doi.org/10.32533/05203.2021

Issue

Section

Articles